Ingin Bangun Rasa Percaya Diri? 7 Kiat Ini Patut Kamu Coba

Ketika melihat diri saya di masa lalu, saya jadi berdecak "kok bisa ya dulu saya sepemalu itu?". Yah saat ini pun masih pemalu meski tidak sepemalu dulu. Tapi yang penting, asal tidak malu-maluin, bukan? Well, soal rasa malu ini, tahukah kamu bahwa ia sangat berkaitan dengan rasa percaya diri? Cara terbaik untuk mengatasi sifat pemalu, tentu saja dengan membangun rasa percaya diri. Namun, pertanyaannya bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri itu?

Sebelum itu, kamu mungkin bisa menilai seberapa tinggi tingkat kepercayaan dirimu sendiri. Hal ini sangat penting lho, pasalnya rendahnya kepercayaan diri dan gangguan mental itu memiliki kaitan yang erat. Bukan nakut-nakutin, ada lho kasus gangguan jiwa seperti depresi atau borderline personality disorder yang ciri utamanya adalah rendahnya tingkat kepercayaan diri.

Kepercayaan diri yang rendah membuat seseorang mudah minder. Orang ini akan memandang dunia sebagai tempat yang tidak aman dan selalu berasumsi bahwa dia adalah korban segala situasi. Hmm, tiba-tiba saya jadi ingat salah seorang tokoh fiksi yang kemarin ini filmnya booming. Namun terlepas dari itu, rasa percaya diri mesti dibangun karena ketika kita kehilangan rasa percaya diri maka kita juga kehilangan kesempatan untuk mengubah keadaan jadi lebih baik.

Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Kalau begitu, kamu harus bangun rasa percaya dirimu. Beberapa tips berikut ini agaknya dapat membantumu dalam meningkatkan tingkat percaya diri. Yuk, disimak!

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

#1 Kenali dirimu terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin meningkatkan rasa percaya diri adalah mengenali dirimu sendiri. Hal yang membuat kita minder atau tak percaya diri itu umumnya adalah kelemahan kita, sebaliknya yang membuat kita percaya diri adalah kelebihan/kekuatan kita. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kedua hal ini, bukan?

Adanya kelebihan untuk digunakan sebaik mungkin dan terus diasah, sedangkan kekurangan untuk diatasi dengan sebisa mungkin. Lakukanlah hal-hal yang memang diri kita bisa, karena kita akan percaya diri dengannya.

#2 Biasakan berpikir positif

Satu hal yang membuat diri kita sering tak percaya diri karena kita kebanyakan berpikir negatif. Begini dan begitu. Ketika dihadapkan pada sebuah masalah, kita buru-buru menganggap diri kita tidak mampu. Sugesti negatif itulah yang membuat rasa percaya diri kita rendah. Cobalah untuk berpikir positif dan percaya pada kemampuanmu sendiri.

#3 Perbaiki penampilan jika diperlukan

Terkadang penampilan bisa menjadi faktor yang membuat kita tidak percaya diri juga lho. Misalnya bau badan atau penampilan urak-urakan. Oleh karena itu, memperbaiki penampilan juga perlu dilakukan. Boleh dicoba, selama benar-benar "diperbaiki" ya, bukan "diperburuki".

#4 Beralih ke pola hidup sehat

Cara membangun rasa percaya diri selanjutnya adalah dengan beralih ke pola hidup sehat. Lho kok? Benar kok. Pasalnya banyak orang yang tidak percaya diri karena kelebihan berat badan dan sebagainya. Oleh karena itu, perhatikan juga pola hidup kita.

#5 Bersikap baiklah terhadap orang lain

Bersikap baik pada orang lain juga akan membantu meningkatkan rasa percaya diri lho. Pasalnya, ketika kita bersikap baik pada orang, orang lain akan segan terhadap kita. Perasaan segan ini menghadirkan perasaan menghargai. Kesudahannya, kita akan lebih berani tampil karena orang-orang akan menghargai.

#6 Fokus pada hal-hal yang kamu sukai

Mungkin tak semua hal yang memang dapat kita lakukan dengan baik. Lagipula kita tidak punya banyak waktu untuk mempelajari semuanya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk fokus pada hal-hal yang kita sukai saja. Minimal, kita dapat menikmati hal tersebut dan melakukannya dengan perasaan yang lebih positif.

Baca juga: Rahasia Membagi Hati Agar Tak Pernah Sempit

#7 Move on! Belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain

Jangan tenggelam pada kesalahan masa lalu. Ketika perasaan bersalahmu tidak berkesudahan, kamu akan terus kesulitan untuk membangun rasa percaya diri. Belajarlah untuk memaafkan dirimu sendiri dan orang lain. Percayalah, itu akan membantumu menjadi orang yang lebih tangguh.

Kesudahannya, rasa percaya diri itu sangatlah penting dalam proses kita mencapai segala sesuatu. Orang yang tingkat kepercayaan dirinya rendah, jangankan membuat pencapaian, dia bahkan bisa mundur sebelum mulai berjuang. Padahal ya, banyak hal di dunia ini yang perlu diperjuangkan. Saya yakin kamu adalah pejuang yang tangguh. Tentu dengan tidak mengabaikan beberapa kiat yang telah dituliskan tadi. Semoga bermanfaat.[]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ingin Bangun Rasa Percaya Diri? 7 Kiat Ini Patut Kamu Coba"

Post a Comment

Hargailah penulis dengan memberikan apresiasi berupa komentar atau membagikan. Jangan lupa tinggalkan kontak agar saya bisa mengunjungi balik. Salam semangat :)